Program studi S2 Forensik Digital dan Keamanan Data menitikberatkan pada dua keahlian utama pada pokok pembelajaran di bidang ilmu komputer, yaitu :

a. Teori fundamental dari forensik digital spesifik untuk komputasi (yang didukung oleh mata kuliah seperti
forensic management of digital evidence, theoretical foundation of computing, multimedia forensics) dan
untuk jaringan komputer (yang didukung oleh mata kuliah seperti digital forensic applications, network
security, network forensics).

b. Keamanan siber pada data (yang didukung oleh mata kuliah security principle, applied cryptography, data
communication and forensics security)

Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan profesional pada bidang ilmu forensik digital dan keamanan data yang dapat memanfaatkan teknologi dan keahliannya untuk menghadapi permasalahan sosial baik di bidang keilmuan, hukum dan pidana khususnya pada kejahatan digital.

Semester 1

Kode MK Course Name Nama MK Bobot SKS
Teori Praktik
CMI6A4 Security principle Prinsip Dasar Keamanan 4 0
CMI6B3 Digital Forensic Framework Kerangka Kerja Forensik Digital 3 0
CMI6C3 Vulnerability of computer architecture and network system Kerentanan Arsitektur Sistem Komputer dan Jaringan 3 0
CMI6D2 Project Proyek 2 0
CII623 Research Method METODOLOGI RISET 3 0
Total Semester 1 15 0

 

Semester 2

Kode MK Course Name Nama MK Bobot SKS
Teori Praktik
CMI6E3 Usable security & privacy sekuritas dan privasi untuk pengguna Teknologi Informasi 3 0
CMI6F3 Forensics & security challenges Tantangan bidang forensik  dan keamanan 3 0
CMI6G3 Advanced Digital Forensic Forensik digital lanjut 3 0
CMI6H3 Applied Cryptography Kriptografi terapan 3 0
CII643 Project implementation-1 IMPLEMENTASI PROYEK 1 3 0
Total Semester 2 15 0

 

Semester 3

Kode MK Course Name Nama MK Bobot SKS
Teori Praktik
CII713 Project implementation-2 IMPLEMENTASI PROYEK II 3 0
  Selected Advanced Topic** (Bisa dilihat di Tabel) MK topik pilihan 3 0
CMI7A0 Capstone Fieldwork & Seminar Kerja Lapangan & Seminar Capstone 0 0
  Selected Supporting Topic** (Bisa dilihat di Tabel) MK topik pendukung 3 0
Total Semester 3 9 0

 

Semester 4

Kode MK Course Name Nama MK Bobot SKS
Teori Praktik
CII733 Thesis TESIS 3 0
Total Semester 4 3 0

 

Selected Advanced Topic (PILIHAN)

Kode MK Course Name Nama MK Bobot SKS
Teori Praktik
CMI7B3 Forensic data analysis Analisis Data Forensik 3 0
CMI7C3 Investigative and Intelligence Analysis: Theory and Methods (OSINT) Analisis Investigasi dan Intelijen: Teori dan Metode  (OSINT) 3 0
CMI7D3 IoT security Keamanan IoT 3 0

 

Selected Supporting Topic (PILIHAN)

Kode MK Course Name Nama MK Bobot SKS
Teori Praktik
CMI7E3 Provable security Sekuritas yang dapat dibuktikan 3 0
CMI7F3 Cyber crime & cyber law Kejahatan dan hukum pada dunia siber 3 0
CMI7G3 Cyber forensic data collection Pengumpulan data forensik  pada dunia siber 3 0
  Courses on Magister Informatics (S2 IF)   3 0

 

Deskripsi Mata Kuliah

Nama MK Deskripsi
Prinsip Dasar Keamanan Mata kuliah ini membahas tentang komponen dasar dalam keamanan (kerahasiaan, integritas, ketersediaan, autentikasi, dan non-repudiation), kontrol akses, kriptografi dasar berikut implementasinya, dasar perancangan protocol, dan studi kasus,  dan metode dasar yang digunakan dalam digital forensik, serta konsep dasar serangan dan cara pencegahannya.
Kerangka Kerja Forensik Digital Mata kuliah ini memberikan wawasan mengenai kerangka kerja forensik digital. Kerangka kerja ini mencakup kegiatan forensik digital pada perangkat komputer, mobile, jaringan, cctv, media sosial dan perangkat-perangkat digital lainnya yang relevan. Mahasiswa akan belajar bagaimana proses investigasi harus dilakukan yang sesuai dengan kaidah forensik yang diterima oleh hukum dan aturan yang berlaku serta best practice yang sudah diterima oleh komunitas forensik secara umum. Mata kuliah ini bersifat project based, dimana diakhir perkuliahan mahasiswa akan diminta untuk menghasilkan uji validasi/verifikasi salah satu kerangka kerja forensik digital dengan menggunakan data dari hasil percobaan mereka sendiri.
Kerentanan Arsitektur Sistem Komputer dan Jaringan Mata kuliah ini memberikan wawasan mengenai keamanan komponen sistem dapat berdampak pada keamanan sistem, metode untuk memastikan kerahasiaan desain komponen dapat dikompromikan, dan cara untuk mempelajari informasi tentang fungsionalitas komponen dengan informasi terbatas tentang desain dan implementasinya.
Proyek Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa di semester pertama. Dengan tujuan untuk memberikan panduan bagi mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian yang akan digunakan dalam thesisnya.
Metodologi Riset Mata Kuliah ini membahas mengenai metode untuk merencanakan sebuah penelitian secara sistematis
Sekuritas dan privasi untuk pengguna Teknologi Informasi Mata kuliah ini membahas mengenai gambaran umum tentang kebijakan juga metode atau teknik yang harus diambil ketika situasi keamanan muncul, dampak kegunaan atau kekurangan metode tersebut terhadap keamanan dan privasi suatu sistem baik untuk faktor manusia, ilmu komputer, dan jaminan terhadap kualitas sekuritas sistem.
Tantangan bidang forensik  dan keamanan Mata kuliah ini membahas tentang tantangan keamanan siber dan forensik digital untuk menciptakan pertahanan, analisis, dan investigasi kejahatan siber yang efektif. Mata kuliah ini juga mencakup perspektif teknis dan sosial-ekonomi untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan dalam membahas tantangan pada keamanan siber, kejahatan siber, dan forensik siber. Selain itu mata kuliah ini juga membahas mengenai aktivitas berbahaya berdasarkan motivasi juga kemampuan penyerang pada elemen teknologi dan manusia yang dibutuhkan musuh untuk menjalankan operasi kejahatan. Penyusunan kerangka kerja yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mengembangkan mitigasi yang efektif terhadap kegiatan siber yang berbahaya.
Forensik digital lanjut Mata kuliah ini membahas mengenai metode digital forensik lanjut seperti : Mobile device forensics, Operating system & file system forensics, Network forensics, Wireless security & forensics, Multimedia forensics, Social media, e-Mail dan lainnya
Kriptografi terapan Mata kuliah ini membahas beberapa aspek matematika pendukung  kriptografi, aspek praktis kriptografi, seperti pembuatan nomor acak semu, kriptografi simetris (stream dan block cipher), mode operasi, fungsi hash, protokol otentikasi pesan dan entitas, penerapan enkripsi kunci publik dan tanda tangan digital
Implementasi Proyek 1 Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa di semester kedua. Dengan tujuan untuk memberikan panduan bagi mahasiswa dalam implementasi dari proposal penelitian yang telah diajukan agar selaras dengan pembuatan tesis.
Implementasi Proyek 2 Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa di semester ketiga. Dengan tujuan untuk memberikan panduan bagi mahasiswa dalam implementasi lanjutan dari proposal penelitian yang telah diajukan agar selaras dengan pembuatan tesis dan penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi tesis.
Kerja Lapangan & Seminar Capstone Mata kuliah ini ditujukan untuk implementasi dari pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan keilmuan yang diperoleh mahasiswa selama kegiatan perkuliahan. Pada pelaksanaannya, mahasiswa dituntut untuk mengembangkan diri, mengembangkan inovasi keilmuwan juga berkontribusi dalam membantu pemecahan masalah di berbagai perusahaan / instansi maupun industri yang berhubungan dengan keamanan siber dan forensik digital.
Tesis Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa di semester keempat. Dengan tujuan untuk memberikan panduan bagi mahasiswa dalam implementasi lanjutan dari proposal penelitian yang telah diajukan agar selaras dengan pembuatan tesis dan penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi tesis. Karya ilmiah atau produk diperoleh dari hasil penelitian atau pemecahan suatu masalah yang dilakukan secara sistematis melalui kegiatan analisis (usulan solusi dan hasilnya).